Kisah Di Dalam Penyelamatan 12 Anak Di Dalam Gua Thailand

Pada akhirnya itu adalah operasi penyelamatan buku teks. Penyelam berhasil membawa, menarik dan kadang-kadang berenang ke-12 pemain sepak bola Wild Boars muda dan pelatih mereka sepanjang lebih dari dua mil terowongan banjir dan sempit di kompleks gua Tham Luang, saat miliaran orang di seluruh dunia menyaksikan.

Kisah Di Dalam Penyelamatan 12 Anak Di Dalam Gua Thailand

Kisah Di Dalam Penyelamatan 12 Anak Di Dalam Gua Thailand

Namun briefing oleh pejabat Thailand dan wawancara dengan enam penyelam Australia, Amerika, Cina dan Thai yang terlibat dalam operasi itu telah mengungkapkan rincian yang luas dari rencana yang tidak yakin bisa berhasil, bahkan setelah dimulai pada Minggu pagi. Pada akhirnya, setelah kami berhasil mengeluarkan semua orang, kami hanya duduk di sana sambil menggelengkan kepala kami, kata Claus Rasmussen, penyelam Denmark yang membantu melakukan penyelamatan. Kami tidak tahu bagaimana ini bekerja atau mengapa, tapi itu berhasil.

Rencana untuk mengangkut anak-anak keluar ditemani oleh dua penyelam ahli, dan dikawal oleh rantai daisy pekerja pendukung, mulai menguat sebagai opsi yang paling mungkin pada malam hari Kamis 5 Juli, kata Ruengrit Changkwanyuen, penyelam dari Thailand yang membantu mengoordinasikan tim menyelam – dan membawa dua anak laki-laki pertama ke rumah sakit lapangan ketika mereka muncul pada hari Minggu. Pada saat itu anak-anak dan pelatih mereka telah terperangkap selama lebih dari 13 hari, setelah perjalanan yang menyenangkan ke dalam gua berubah menjadi mimpi buruk ketika banjir bandang memotong jalan keluar mereka. Mereka tidak ditemukan sampai 2 Juli, ketika John Volanthen, seorang warga Inggris, menemukan mereka meringkuk di lereng berlumpur hampir dua mil di dalam gua.

Pada saat rencana penyelamatan terbentuk, lebih dari 1 juta meter kubik air telah dikeringkan dari gua menggunakan pompa, tetapi anak-anak itu masih berada di bawah air, ditambatkan ke penyelam, untuk sebagian besar dari 1.7 km pertama dari perjalanan. Untuk 1,5 km terakhir, mereka akan berada di tandu yang menempel pada sistem katrol, rumah yang dipandu oleh lebih dari 100 penyelamat yang tersebar di sepanjang jalan. Changkwanyuen membantu mengatur pengiriman peralatan termasuk pakaian selam kecil, masker scuba full-face dan lampu bawah air, memesan persediaan besar jika ada yang gagal. Siapa pun yang mencoba membeli masker scuba di Thailand minggu ini akan kecewa, katanya. Pada dasarnya setiap topeng full-face di negara ini ada di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *